Fokus Pengembangan Sesuai Usia Anak

Taman Penitipan Anak Little White Rabbits  memiliki beberapa fokus pengembangan pendidikan pada masing-masing tingkat usia anak. Sebagai gambarannya adalah :

  1. Usia 0 – 12 bulan, fokus stimulasi pada hampir seluruh aspek perkembangan, utamanya fisik, bahasa, kognitif, dan prilaku. Dalam usia ini focus pengembangannya adalah kemampuan fisiknya, terutama pada pematangan organ-organ pancainderanya. Aspek bahasa anak usia ini masih pada pengembangan perbendaharaan kata dan penggunaan kata sederhana, memperkenalkan kata dengan benda secara bertahap. Dalam aspek kognitif usia ini hanya sebatas mengembangkan logika sederhana anak. Aspek prilaku pada usia ini hanya mengenalkan pada prilaku yang diterima lingkungan dan yang tidak bisa diterima lingkungan yang ditanamkan melalui pembiasaan sehari-hari., seperti ucapan terimakasih, salam, maaf, minta tolong.
  2. Usia 1 – 3 tahun, fokus utama stimulasi pada usia ini adalah pengembangan prilaku dan  pengembangan motorik berupa keterampilan-keterampilan akademik ( corat-coret, gerakan memukul, lompat, lari, memegang barang, menggambar) dan kehidupan praktis (mandi, berpakaian, menyapu lantai, ngepel, mencuci, memakai sepatu-sandal). Menginjak usia 3 tahun anak sudah dapat mengembangkan fantasinya, pendidik dapat menstimulasinya dengan kegiatan bermain peran. Anak usia ini juga harus sudah mulai dilatih untuk mengatasi frustasinya melalui berbagai aktivitas yang ada dalam program kegiatan.
  3. Usia 4 – 6 tahun, adalah usia anak yang berada di prasekolah, yaitu Play Group/Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak (TK). Sehingga program stimulant disesuaikan kurikulum/program KB dan TK.

Bagi anak anak yang mengikuti kegiatan Half Day Care, misalnya karena pulang dari sekolah tidak ada yang dirumah, rumah kosong atau karena orang tua kebetulan bepergian kegiatan bisa dilakukan bersama sama dengan yang lainnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s