Menjadikan Anak Kreatif

Bagi orang tua awam, biasanya anak anak yang suka bertanya banyak hal, suka usil mengutak utik barang bisa bongkar tapi nggak bisa pasang lagi dicap sebagai anak yang nakal. Apalagi ditambah dengan suka lari larian, suka panjat pohon, nggak suka duduk diam. Hhhmmm… jadi bertambah pula capnya bahwa anak jadi hiperaktif dan lainnya.
Anak yang kreatif tidak selalu mudah di urus terutama jika orang tua menyukai anak yang patuh, teratur dan luwes.
Pada dasarnya hal hal yang demikian itu adalah tanda tanda anak yang kreatif dengan keingintahuan yang besar.Menerapkan disiplin bersamaan dengan memupuk kreatifitas merupakan suatu tantangan bagi tiap orangtua dalam mendidik anaknya.
Menerapkan disiplin bersamaan dengan memupuk kreatifitas merupakan suatu tantangan bagi tiap orangtua dalam mendidik anaknya.
Untuk tetap mempertahankan kreatifitas anak dan membuatnya makin cerdas adalah dengan memberikan mereka kesempatan untuk mengembangkan diri mereka.
Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk memupuk kreatifitas dan mendukungnya tanpa anak merasa dipaksa adalah sbb :

1. Mengikuti minat dan Fokus pada anak. Untuk menggali potensi luar biasa di dalam diri anak, beri dukungan penuh pada bidang-bidang yang disukai anak, kalau perlu ikut berlatih dan menjadi teman berlatih yang menyenangkan untuknya. Ketika kita fokus pada anak, ingatlah ketika kita kanak kanak dna seusia mereka. bayangkan kita menjadi mereka saat ini dan meleburlah bersama kegiatan dan kegembiraannya.
2. Membebaskan anak untuk bereksplorasi dilingkungannya. Lingkungan dan keadaan sekitar mereka, menjadi sarana luas bagi anak untuk belajar tentang berbagai macam hal. Eksplorasi di alam memicu anak aktif bergerak juga meningkatkan rasa ingin tahu anak terhadap berbagai aspek kehidupan. Dorong anak mengeksplorasi lingkungan yang baru dikenalnya misalnya sambil berjalan ditaman, ia belajar tentang serangga yang tinggal disana, kupu kupu ataupun tumbuh tumbuhan.
3. Ceritakan pengetahuan tentang dunia dan isinya. Berikan anak fasilitas, buku buku, mainan edukatif tentang tumbuhan, hewan, teknologi dan kesempatan untuk mengenal dunia beserta seluruh aspek kehidupan. Ini membuat anak berpandangan terbuka terhadap berbagai berbagai hal hal ‘baru’ sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.
4. Membacakan aneka buku pengetahuan secara rutin dengan suara yang keras dan intonasi yang benar. Selain menumbuhkan minat membaca anak, anak juga akan menyerap pengetahuan dari buku untuk menunjang minat dan keinginannya. Kebiasaan membaca buku juga menanamkan ikatan batin antara orangtua dan anak anaknya.
5. Untuk beberapa kali, cobalah bertanya kepada anak. Ajukan beberapa pertanyaan kepada anak yang bisa memancingnya untuk memberi jawaban berupa penjelasan yang juga merangsangnya untuk adu argumentasi sesuai dengan yang sudah pernah anda bacakan dan ceritakan padanya. Atau ajak dia berdiskusi. Anda dapat memulainya dengan menanyakan secara rinci seputar hal-hal yang ia minati atau yang sedang dilakukannya. Selanjutnya, kembangkan untuk menggali jawaban dan pendapat anak terhadap berbagai hal. biarkan anak berpikir kritis dengan caranya. Jangan pernah mencela atau menyela jawabannya. luruskan saja jawabannya dengan cara yang benar yang tidak menyakiti dan seolah menggurui.
6. Menjadikan diri kita model yang baik. Anak akan meniru orang tuanya. Maka, orangtua wajib menjadi role model atau panutan terbaik bagi anak dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari. Tunjukkan minat Anda untuk selalu belajar dan menemukan hal-hal baru yang menarik dan kreatif bersama anak. Tunjukkan dan terapkan pola hidup sehat. Tunjukkan pula sikap menghargai serta empati kepada setiap anggota keluarga, orang lain, serta mahkluk hidup lain.
7. Memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan. Membiasakan anak untuk mengambil keputusan akan melatih anak untuk belajar sebab-akibat serta tanggung jawab. Melatih anak untuk mengambil keputusan juga akan memicu anak untuk belajar berpikir analitis dengan merangkaikan hal-hal yang sudah dipelajari dan dipahaminya.
8. Memberikan kesempatan bersosialisasi dengan anak anak dan lingkungan yang lain. Misalnya tracking atau jalan jalan keluar. Tidak perlu sampai jauh dari rumah. Cukup disekitar komplek, menyapa tetangga, anak sebaya dst. Semua pengalaman emosional yang diperoleh anak akan mempengaruhi dan akan memperkaya pengalaman emosional anak, serta sarana untuk belajar mengekspresikan perasaannya. Semakin baik kecerdasan emosional anak, semakin baik pula penyampaian rangsang antar sel-sel saraf pada otaknya.
9. Memberikan kecukupan kebutuhan akan nutrisi dan gizi makanannya. Nutrisi untuk otak, terutama DHA, terbukti berperan dalam perkembangan otak anak pada “periode emas” usia 0 – 3 tahun. Berikan konsumsi jenis makanan kelompok brain food, misalnya makanan sumber protein, untuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, berpikir dan kewaspadaan. serta memberikan makanan penyeimbangnya untuk tenaga seperti karbohidrat dan vitamin.
10. Menjaga kesehatan anak. Baik fisik maupun rohani. Olahraga atau latihan fisik tidak hanya membuat tubuh anak sehat, tapi juga membuat dia cerdas. Sebab, selain sirkulasi oksigen, gula dan zat gizi menjadi lancar ke seluruh tubuh dan otak, juga akan memicu produksi hormon untuk sel saraf (nerve growth factor). Dengan tubuh sehat, anak memiliki kesempatan luas untuk belajar berbagai hal, serta mengeksplorasi potensi kecerdasan dalam dirinya dengan optimal. Kesehatan rohani juga bisa dipupuk dengan memberikan rasa nyaman kepada anak setiap hari.

jika berkenan, ayah dan ibu bisa berkonsultasi tentang perkembangan anak disini untuk mengetahui kegiatan kami..

silahkan kunjungi kami :
Little White Rabbits Baby Daycare
buka Senin – Jumat pukul 07.30 s.d 17.00 wwib.
Keterangan lebih lanjut hubungi :
Ety Prasetya
telepone : 0251 – 8663121, 0813 8050 9948
wa/sms : 0856 1448 473, 0878 7058 6669

Advertisements

2 thoughts on “Menjadikan Anak Kreatif

  1. I’ve been Ьrowsing on-line greater than three hours nowaɗays,
    yet I by no means discovered any fascinating article like yours.
    It iѕ beautiful value sufficient for me. In my vieԝ, if all site owners and bⅼoggers made
    excellent content material as you ρrobabⅼy did, the web shall be a
    lot more hᥱlpful than ever before.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s