Hubungan Antara Anak dan Orangtua

Pada dasarnya tidak ada anak yang sama di dunia ini. Hanya karena beberapa anak tumbuh dalam keluarga yang sama bukanlah jaminan bahwa mereka akan berperilaku serupa. Tidak ada pengalaman pribadi yang sama dengan orang lain, maka orang orang disebut sebagi pribadi yang unik dan berkarakter berbeda. Inilah yang menjadi dasar dari individualitas kita. Begitupun ketika mereka dilahirkan tanpa mengetahui bagaimana cara bereaksi yang sesuai dengan harapan orang tuanya. Hal itu harus dipelajari dan diajarkan kepadanya oleh orangtuanya,  yang belum tentu merupakan pakar juga di bidang parenting ini.

Beberapa sistem yang amat penting dalam kehidupan anak adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolahnya. Keluarga, orangtua dan teman teman sekitarnya merupakan kesatuan hubungan yang bisa membuat dan menciptakan karakter anak. Hubungan antara orangtua dan anak anaknya yang terkadang pasang surut membuat  keyakinan bahwa pada dasarnya orangtua pasti menginginkan yang terbaik buat anak anaknya.

Keinginan orang tua tersebut terkadang membuat perlakuan kepada anaknya menjadi sesuatu yang dirasa tidak adil atau nyaman buat anak anaknya. Kunci utama agar kita menjadi orangtua yang baik adalah fokus pada anak. Baik itu kegiatan yang tujuannya untuk anak ataupun kegiatan yang dilakukan bersama anak. Kesemua hal itu diharapkan bisa memberikan rasa yang aman dan nyaman bagi anak untuk tetap dekat dengan orangtuanya. Sehingga orangtua juga bisa memantau apa saja yang terjadi pada anaknya.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s